Friday, May 10, 2013

Tips membuat cerita (versi sendiri)

Ada beberapa orang yang nanya, "Huda, kok bisa sih kamu bikin cerita kaya gitu? Kreatif gitu loh.".
Sebenernya ga ada rahasianya sama sekali, dan aku yakin semua pasti bisa bikin cerita ga kalah bagusnya sama aku. Atau bahkan jauh lebih bagus. Nih, ada tipsnya:

Sebelum Membuat Cerita
1. Jangan terburu-buru
Santai aja, walaupun udah pengen banget bikin cerita (tapi ide ga dapet-dapet), tetap santai. Baca buku atau artikel-artikel di internet bisa menjadi sumber inspirasi. Jadi, untuk apa terburu-buru untuk bikin cerita?

2. Cari referensi/inspirasi sebanyak-banyaknya
Inspirasi bisa didapatkan dimana saja. Percaya ato engga, kebanyakan inspirasi untuk cerita aku itu dapet di WC waktu boker. Entah kenapa ruangan kecil itu seakan-akan gudang inspirasi. Dan, kalau kalian membaca buku (novel/komik) trus pengen menggunakan adegan yang sama (atau serupa), jangan sekali-sekali copas 100% dari cerita tersebut. Serius, hasilnya bakal beda dan cepat atau lambat pasti akan ada yang tau. Jadi, coba diam dan pikirkan lagi ide tersebut. Ubah ide yang kamu dapat sedikit demi sedikit. Intinya jangan copas 100% lah -__-"
Dan, kalau emang udah mentok, kamu bisa tanyakan ide dari teman-teman kamu. Kalik aja mereka punya ide yang lebih bagus.

3. Bawa notes kemana-mana
Bukan, bukan bawa samsung galaxy note kemana-mana. Tapi notes kecil. Bukan ga mungkin kalau kamu lagi jalan-jalan, trus tiba-tiba nemu ide buat bikin cerita baru, kamu langsung catatkan ide tadi ke notes kecil tadi. Catat INTI dari ide tersebut.  Kapan? Dimana? Siapa? Ada apa? Semuanya kamu catat. Kalau lupa, yaa ingat-ingat aja dalam pikiran kalian

4. Ide udah dapat? Duduk dan pikirkan lagi!
Jangan terlalu PD untuk langsung menuliskan ide-ide tadi dan langsung nge-post. Duduk dulu, lalu pikirkan lagi apa yang akan kamu tulis. Jangan langsung bikin kata-katanya! Itu bisa dilakukan nanti.  Mantapkan setiap plot, setiap adegan dalam pikiranmu. Lalu lihat kembali notes kamu, kalau ada yang mau diedit, edit lah langsung. Baru kamu tuliskan.

Waktu Nulis Cerita
1. Cari kata-kata yang tepat untuk ceritamu
Menurutku, ini salah satu bagian yang paling sulit. Semuanya sudah ada diimajinasi kita, tapi bagaimana menuliskannya? Kalau menurut aku, sih, edit sedikit adegan tadi menjadi sedikit lebih sederhana untuk memudahkanmu. Jangan memaksakan untuk menggunakan adegan persis dengan pikiranmu. Ntar hasilnya kurang bagus.

2. Jangan buru-buru (lagi)
Dibilangin jangan buru-buru, ntar nyesel loh klo nemu ide yang lebih bagus untuk ceritamu yang baru aja dipost.

3. Susun cerita tersebut menjadi paragraf demi paragraf
Pembaca bakal pusing melihat cerita kalian tanpa adanya paragraf yang jelas. Dan usahakan satu paragraf itu terdiri dari satu masalah. Dan tambahkan masalah lain di akhir paragraf. Jadi, para pembaca ga bakal pusing bacanya. Kalau bisa, setiap percakapan juga diberi paragraf sendiri (Baru aku terapkan.. Lupa terus). Intinya, buat para pembaca membaca ceritamu dengan nyaman. Tidak bikin pusing dengan tidak adanya paragraf.

4. Udah selesai? Teliti lagi!
Blah, aku paling males bagian yang ini. Intinya sih, jangan sampai ada tulisan yang salah. Itu bisa membuat para pembaca bingung. Ntar kalau bingung, ga laku lagi ceritanya

5. Tanyakan reaksi teman-temanmu
Bagus ga? Ada yang kurang? Tanyakan terus setiap bikin cerita baru (tentu saja tanyakannya setelah dibaca oleh temenmu. Percuma kalau belum dibaca, ga bakal ngejawab juga). Dan ketika ada yang kurang suka/protes, tanyakan kenapa dan pelajari kesalahanmu!


Udah itu aja mungkin. Semua tips yang aku tulis tadi, itu tips versi aku. Engga ambil dari internet. Mungkin ada yang sama, itu kebetulan namanya. Jangan dibesar-besarkan.


1 comments:

eqww said...

keren gan,harus ane coba nih
visit back yah
http://darkbunshin.blogspot.com/

Post a Comment